tag:blogger.com,1999:blog-1196247757308308902024-02-20T10:33:04.298-08:00MATEMATIKA SMA NEGERI 1 KEPANJENMATEMATIKA SMANEKA IPS-BHShttp://www.blogger.com/profile/15531266176818199278noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-119624775730830890.post-42696490988094090352009-04-04T03:11:00.002-07:002009-04-06T22:31:00.027-07:00RPPRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)<br /><br />Mata Pelajaran : Matematika<br />Sekolah : SMA Negeri 1 Kepanjen<br />Materi Pokok : Program Linear<br />Uraian Materi Pokok : Sistem Pertidaksamaan Linear dua vareabel<br />Kelas / Semester : XII IPS / 1<br />Waktu : 2 X 45 Menit<br /><br />A. STANDAR KOMPETENSI<br />Menyelesaikan masalah Peogram Linear.<br /><br />B. KOMPETENSI DASAR<br />Menyelesaikan system pertidaksamaan linear dua vareabel.<br />C. MATERI PEMBELAJARAN<br /> Program linear<br /><br />D. INDIKATOR<br />Mengenal arti system pertidaksamaan linear dua vareabel.<br />Menentukan penyelesaian system pertidaksamaan linear dua vareabel.<br /> <br />E. TUJUAN PEMBELAJARAN<br />1. Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari kedalam bentuk system pertidaksamaan linear dengan dua vareabel.<br />2. Menentukan daerah penyelesaian dari system pertidaksamaan linear.<br /><br />F. SEKENARIO KEGIATAN DAN PENGALAMAN BELAJAR<br />NO<br />URAIAN KEGIATAN<br />WAKTU menit<br />METODE<br />MEDIA PEMBELAJARAN<br />1<br />Pendahuluan<br />§ Menyampaikan Standar Kompeten si dan Kompetensi Dasar yang diha rapkan yang dimiliki oleh siswa.<br />§ Penjelasan singkat tentang materi pokok (Apersepsi dan motivasi).<br />§ Pengaturan kelompok diskusi (tiap kelompok 5 orang)<br />10<br /><br />Ceramah<br /><br /><br /><br />Ekspositori<br /><br />Informasi<br /><br /><br />2<br />Kegiatan Inti<br />§ Penjelasan umum tentang arti sisten pertidaksamaan linear dua vareabel.<br />§ Diskusi kelompok untuk memba has masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan linear.<br />§ Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya<br />65<br /><br />Ekspositori<br /><br /><br />Diskusi<br /><br /><br /><br />Penugasan<br /><br />CD Pembelajaran<br />Buku Pegangan Guru<br />Buku Pegangan siswa<br />Lembar kegiatan siswa<br />3<br />Penutup<br />§ Penyimpulan dan refleksi siswa terhadap materi pembelajaran.<br />§ Penyampaian tugas rumah, untuk meningkatkan pemahaman siswa.<br />§ Penyampaian rencana pertemuan berikutnya.<br />§ Pelaksanaan Kuis.<br />15<br /><br />Ceramah<br /><br /><br /><br /><br /><br />Tes tulis<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Lembar soal Kuis<br /><br />Jumlah<br />90<br /><br /><br />G. MEDIA PEMBELAJARAN<br /> 1. Buku paket matematika jilid 9 (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1981<br /> Hal. 11 – 29)<br /> 2. Buku Matematika XII IPS / Bhs penerbit Erlangga karangan Noor Mandiri hal 31-<br /> 56 (Kurikulum 2004 KBK).<br /> 3. Buku matematika SMA untuk kelas II (Tim Media Karya, Penerbit Grafindo, hal.<br /> 220 - 229<br /> 4. L K S<br /><br />H. STRATEGI PEMBELAJARAN<br /> 1. Setrategi : Contextual Learning<br /> 2. Model : Pembelajaran Kooperatif<br /> 3. Pendekatan : Ketrampilan Proses dan Pendekatan Konsep<br /> 4. Metode : Diskusi<br /><br />I. EVALUASI<br /> Penilaian kognitif : kuis (Tulis)<br /> Soal Kuis :<br />1. Tuliskan permasalahan berikut kedalam system pertidaksamaan linier.<br />a. Belanja ibu tiap harinya paling sedikit Rp. 10.000,- dan tidak lebih dari<br />Rp. 20.000,-<br />b. Sebuah perusahaan penerbangan satu pesawat tiap harinya membawa tidak lebih dari 1.000 penumpang kelas VIP dan paling sedikit 500 penumpang kelas ekonomi, Sedang daya tampung pesawat maksimum 1500 penumpamg.<br /> <br /> 2.Gambarkan himpunan penyelesaian system pertidaksamaan berikut :<br />a. x 0 ; y 0 dan x + y 5<br />b. 0 x 5 dan 0 y 4<br />c. y 2x ; 2y x dan x + y 4<br />d. 2x + 3y 6 ; 3x + 2y 6 ; x 0 dan y 0<br /><br /> Kunci Jawaban<br />NO<br />JAWABAN<br />SKOR<br />1<br />a. 10.000 x 20.000<br /><br /><br />b. 0 x 1000<br />y 500<br />x + y 1500<br /><br />2<br />a. x 0 ; y 0 dan x + y 5<br />5<br />5<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />4<br /><br />b. 0 x 5 dan 0 y 4<br /><br />5<br />4<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />3<br /><br />c. y 2x ; 2y x dan x + y 4<br />4<br />4<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />4<br /><br />d. 2x + 3y 6 ; 3x + 2y 6 ; x 0 dan y 0<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />5<br /><br />Jumlah skor<br />16<br /><br />Nilai =<br /><br /> Penilaian afektif (Penilaian Proses) : Pengamatan selama KBM<br />NO<br />NAMA<br />ASPEK YANG DINILAI<br />Jumlah Skor<br />Kriteria<br />Kerja sama<br />Perhatian<br />Peran serta<br />Kejujuran<br />1<br />2<br />3<br />4<br />5<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Pedoman Penilaian<br />Kriteria Rata-rata skor<br />1 = rendah<br />2 = sedang<br />3 = tinggi <br />0 - 1,0 = rendah<br />1,1 – 2,0 = sedang<br />2,1 – 3,0 = tinggi<br /><br /><br /><br /><br />Mengetahui<br />Kepala Sekolah<br />Kepanjen, Juli 2008 <br />Guru Mata Pelajara<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Drs. H. Dwi Tjahjono Widajat, M.Si.<br />NIP. 131288315<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Drs. I s n a d i<br />NIP. 131399125MATEMATIKA SMANEKA IPS-BHShttp://www.blogger.com/profile/15531266176818199278noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-119624775730830890.post-20530909161061497872009-04-04T02:17:00.000-07:002009-04-04T02:22:17.049-07:00BARISAN DAN DERETLatihan Soal Pilihan Ganda<br /><br />1. Dari deret aritmetika diketahui bahwa jumlah 5 suku yang pertama = 35 sedangkan jumlah dari<br /> 4 suku yang pertamanya sebesar 24. Maka besar suku ke 15 adalah . . .1990<br /> A. 11 B. 25 C. 31 D. 33 E. 59MATEMATIKA SMANEKA IPS-BHShttp://www.blogger.com/profile/15531266176818199278noreply@blogger.com0